Visi, Misi, dan Tujuan

Visi:

Menjadi Program Studi yang menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang bermartabat dan berintegritas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Misi:

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa adalah:

  1. Menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa.
  2. Menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang mampu melakukan penelitian sesuai dengan kode etik ilmiah.
  3. Menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang mempunyai kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan:

Secara umum Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten bertujuan untuk mencetak praktisi pengajar bahasa yang profesional (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa jawa, dll), serta menghasilkan tenaga ahli profesional yang memiliki kemampuan manajerial sehingga mampu mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai program pendidikan bahasa dan mampu mengambil langkah tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Untuk mencapai kompetensi umum di atas diperlukan kompetensi-kompetensi khusus sebagai berikut:

  1. Memiliki penguasaan bahasa yang andal, baik secara lisan maupun tertulis, sehingga mampu mengomunikasikan gagasan-gagasannya kepada orang lain, khususnya dalam bidang akademik, serta dapat menjadi model bagi mahasiswa dan atau orang lain di lingkungan kerjanya.
  2. Memiliki penguasaan ilmu kebahasaan tingkat lanjut dan mampu mengaplikasikannya dalam pengajaran bahasa.
  3. Memiliki kemampuan mendesain dan mengembangkan kurikulum, materi ajar, dan alat evaluasi, baik untuk keperluan proses pembelajaran bahasa di sekolah maupun untuk program pendidikan/pelatihan bahasa.
  4. Memiliki kemampuan mengajar dengan berbagai pendekatan/metode/teknik secara kontekstual.
  5. Memiliki kemampuan mengevaluasi proses dan hasil belajar mengajar berbahasa dalam berbagai jenis dan tingkatan dan mengambil tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
  6. Memiliki kemampuan meneliti tingkat lanjut, khususnya dalam bidang pendidikan/pengajaran bahasa, serta mampu mengaplikasikan hasil penelitian itu dalam pengajaran bahasa.
  7. Memiliki kemampuan reflektif sehingga menjadi praktisi yang mampu melihat kekurangan dan kelebihan diri guna meningkatkan kinerjanya.